Jokowi: Kita Belajar Pengalaman Negara Lain Tangani Corona, tapi Tak Meniru

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 15:45 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Pool/Biro Pers Setpres/Muclis Jr)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, Indonesia harus belajar dari pengalaman negara lain dalam menangani penyebaran virus Corona. Namun tak bisa meniru seutuhnya.

"Kita harus belajar dari pengalaman dari negara lain. Tetapi kita tidak bisa menirunya begitu saja," kata Jokowi saat jumpa pers di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (31/3/2020).

Jokowi beralasan, setiap negara memiliki ciri khas. Antara lain dari kedisiplinan penduduk hingga kemampuan ekonomi masyarakat.

"Sebab semua negara memiliki ciri khas masing-masing, mempunyai ciri khas masing-masing. Baik itu luas wilayah, jumlah penduduk, kedisiplinan, kondisi geografis, karakter dan budaya, perekonomian masyarakatnya, kemampuan fiskalnya, dan lain-lain," ujar Jokowi.

Jokowi pun mengatakan tak perlu terburu-buru merumuskan strategi penanganan virus Corona. Kebijakan yang diambilnya pun yang utama kesehatan masyarakat.

"Oleh karena itu, kita tidak boleh gegabah dalam merumuskan strategi semuanya harus dihitung, semuanya harus dikalkulasi dengan cermat. Dan inti kebijakan kita sangat jelas dan tegas, yang pertama kesehatan masyarakat yang utama, oleh sebab itu kendalikan penyebaran COVID-19 dan obati pasien yang terpapar," imbuh Jokowi.

(rfs/lir)