Pusat Batalkan Larangan Bus Jurusan Jakarta, Dishub DKI Bicara Zona Merah Corona

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 15:09 WIB
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafron Liputo.
Syafrin Liputo (Arief/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatalkan rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyetop atau melarang operasi bus jurusan Jakarta. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta masih menunggu keputusan dari Kemenhub.

"Tentu perlu dipahami bahwa perizinan bus AKAP itu kan dari kementerian ya. Sebenarnya untuk pelaksanaan ini kan kita sudah lakukan pembahasan beberapa kali dan terakhir hari Minggu (29/3), disepakati untuk dilakukan penutupan yang kemarin," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, saat dihubungi, Selasa (31/3/2020).

"Nah, tentu kami dari Dishub setelah ada arahan dari Pak Menko (Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan) bahwa ini ditunda dulu ya ditunda. Kami harap setelah ini ada arahan," ujarnya.

Soal kebijakan ini, Syafrin berbicara tujuan penyetopan operasi bus untuk mencegah wabah virus Corona menular ke daerah lain. Jakarta, menurut Syafrin, menjadi pusat atau zona merah wabah Corona di Indonesia.

"Perlu dipahami bahwa Jakarta ini sudah jadi episentrumnya wabah COVID-19. Yang keluar dari Jakarta itu, yang sehat, sebetulnya bisa saja sudah terpapar. Begitu yang bersangkutan sudah terpapar merasa sehat, dia menjadi carrier buat masyarakat lain yang di luar zona merah ini," kata Syafrin.

Selanjutnya
Halaman
1 2