10 WNI Positif Corona di Hyderabad India Dinyatakan Sembuh

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 31 Mar 2020 03:46 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk India mendapatkan kabar terkait kesembuhan sejumlah WNI terkait virus Corona atau COVID-19 di India. Sebanyak 10 WNI yang tadinya positif virus Corona dinyatakan sudah sembuh.

Kabar tersebut dinyatakan oleh pihak otoritas kesehatan TB & Chest Hospital, di Hyderabad, Negara Bagian Telangana, India, Senin (30/3/2020). 10 WNI yang sudah sembuh itu disebut masih harus menjalani karantina lanjutan.

"10 WNI tersebut masih diharuskan menjalani proses karantina lanjutan selama 14 hari ke depan, hingga kondisi kesehatan mereka benar-benar kembali normal," kata otoritas kesehatan Telangana kepada Duta Besar RI untuk India di New Delhi.

Sementara itu, Dubes RI, Arto Suryodipuro, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah India khususnya otoritas kesehatan Negara Bagian Telangana yang telah membantu memberi perawatan kepada para WNI. Selain itu, Arto juga mengimbau kepada WNI yang masih berada di India dan mengalami lockdown agar tetap tenang dan berada di rumah.

"Mengingat sifat Covid-19 yang sangat menular, KBRI New Delhi membagikan kit kesehatan kepada WNI berupa masker, hand sanitizer, vitamin dan obat-obatan yang dibagikan lebih kurang ke 30 titik di wilayah New Delhi," ujar Arto.

Kepada WNI yang tertahan di India atau memerlukan informasi dan bantuan terkait Covid-19, KBRI menyediakan layanan hotline Covid-19 yang dapat dihubungi setiap saat pada nomor berikut: +91 977 369 3006 (KBRI New Delhi), +91 966 450 0083 (KJRI Mumbai) dan +91 755 015 1483(ITPC Chennai).

Untuk memudahkan proses pendataan, WNI di India juga diserukan untuk melakukan lapor diri melalui layanan online pada portal Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri (https://peduliwni.kemlu.go.id/) dan secara aktif untuk mengikuti perkembangan situasi yang tersedia pada portal Safe Travel Kemlu RI (https://safetravel.id/).

(maa/maa)