Corona Ancaman Bersama, Harus Dilawan dengan Gotong Royong

Andi Saputra - detikNews
Jumat, 27 Mar 2020 20:14 WIB
Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Ilustrasi Corona (Fauzan Kamil/detikcom)
Jakarta -

Pandemi Corona merupakan ancaman bersama yang harus dilawan secara bahu-membahu dan gotong royong. Oleh sebab itu, melawan virus Corona tak bisa hanya bertumpu pada pemerintah semata, tapi juga dibutuhkan peran aktif swasta, ormas, parpol, dan masyarakat.

"Virus Corona merupakan ancaman bersama. Karena itu, harus dilawan oleh semua eksponen bangsa, bukan hanya pemerintah, tapi juga swasta, ormas, parpol, dan masyarakat," kata Bendahara Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Iwan Bogananta kepada wartawan, Jumat (27/3/2020).

Menurut Iwan, virus ini memiliki daya jangkau penyebaran yang masif sehingga kesuksesan menangani virus ini bergantung pada sinergi dan solidaritas dalam bergotong royong semua eksponen bangsa. Itu sebabnya, harus ada sinergi dan gotong royong mengambil peran sesuai kapasitas dan kemampuannya.

"Semua eksponen punya peran, masyarakat misalnya, melalui pencegahan di tingkat komunitas, parpol dengan menggerakkan mesin partai untuk membantu mengatasi Corona, swasta bisa mengucurkan CSR untuk membiayai kegiatan penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan lain-lain," tutur Iwan.

Jika ini bisa dilakukan, lanjut dia, penanganan wabah Corona akan masif dan terpadu yang dilakukan semua komponen bangsa.

"Apalagi masyarakat kita memiliki jiwa gotong royong, sehingga saya yakin tinggal digerakkan dan dipancing kesadarannya untuk ikut berbuat membantu penanganan Corona," tandasnya.

(asp/zap)