PKS Puji Papua yang Tutup Wilayahnya demi Cegah Corona

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 25 Mar 2020 20:58 WIB
MARDANI
Mardani Ali Sera (dok. DPP PKS)
Jakarta -

Gubernur Papua Lukas Enembe akan menutup akses keluar-masuk Papua mulai besok untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (COVID-19). Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera memuji Pemerintah Provinsi Papua yang cepat tanggap menghadapi isu Corona. Dia meminta agar pasokan barang dan makanan cukup.

"Responsif, tinggal pastikan pasokan tidak terganggu, insyaallah bisa," kata Mardani saat dihubungi, Rabu (25/3/2020).

Anggota Komisi II DPR itu mengatakan Pemprov Papua berwenang menutup akses masuk dan keluar daerahnya. Justru bakal bahaya bila Papua tetap membuka diri dalam kondisi pandemi seperti ini. Layanan kesehatan dan tenaga medis di Papua punya tantangan tersendiri bila kasus Corona di Papua meningkat.

"Papua punya hak menutup arus perjalanan karena kondisi layanan kesehatan memang jauh dari ideal. Tidak terbayang kondisi Papua jika arus perjalanan tidak ditutup," ujar Mardani.

Ia meminta agar pasokan barang, makanan, dan alat kesehatan dapat mencukupi kebutuhan Papua meski akses masuk dan keluar ditutup. Ia menyebut Papua perlu diperhatikan dalam menghadapi wabah Corona.

"Wajib (ketersediaan barang dan alat kesehatan), jangan sampai keputusan menutup membuat rakyat tidak mendapat pelayanan utamanya. Dalam kondisi seperti ini, yang paling rentan yang paling tertinggal. Papua perlu dapat perhatian," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2