Round-Up

Poin-poin Instruksi Terbaru Jokowi ke Gubernur Tangani Darurat Corona

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 22:17 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)

Disiplin Isolasi Diri

Jokowi menegaskan isolasi diri membutuhkan kedisiplinan yang kuat.

"Saya yakin bahwa kita akan bisa mencegah penyebaran COVID-19 ini. Tetapi membutuhkan sebuah kedisiplinan yang kuat membutuhkan ketegasan yang kuat," ujar Jokowi.

Ia mencontohkan masih banyaknya warga yang berkeliaran di tempat-tempat umum. Mulai dari pasar hingga pergi ke tempat hajatan.

Menurutnya, mengisolasi sebuah RW hingga kelurahan itu sangat penting. Namun, harus dibarengi dengan kedisiplinan dalam masing-masing insan.

Tampung Keluhan

Jokowi mengaku mendapatkan beragam keluhan. Keluhan itu sebagai dampak dari kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan dalam penanganan virus Corona.

Keluhan salah satunya datang dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jokowi mengatakan banyak UMKM yang mengeluh sepinya omzet dan kekhawatiran karena memiliki cicilan atau kredit.

"Kemudian adanya keluhan dari UMKM. Kita kemarin sudah berbicara dengan OJK, OJK akan memberikan kelonggaran relaksasi kredit UMKM untuk nilai kredit di b

awah Rp 10 miliar, baik kredit perbankan maupun industri keuangan nonbank, akan diberikan penundaan cicilan sampai satu tahun dan penurunan bunga," kata Jokowi.

Keluhan yang sama datang dari tukang ojek, sopir taksi, dan nelayan. Jokowi mengatakan keluhan terutama datang dari mereka yang memiliki cicilan atau kredit.


(aan/dhn)