Tiga WNI di Brunei Darussalam Positif Terinfeksi Virus Corona

Herianto Batubara - detikNews
Selasa, 24 Mar 2020 10:02 WIB
ilustrasi corona
Ilustrasi Corona (Dok. detikcom)
Jakarta -

Per 23 Maret 2020, Kementerian Kesehatan Brunei Darussalam mengumumkan penderita yang positif terpapar virus Corona (COVID-19) meningkat menjadi 91 orang. Tiga orang di antaranya warga negara Indonesia (WNI).

Informasi tersebut disampaikan KBRI Bandar Seri Begawan dalam rilis resmi yang diterima detikcom, Selasa (24/3/2020). Sejak konfirmasi kasus pertama COVID-19 di Brunei pada 9 Maret 2020, tiga WNI tersebut menjadi tiga kasus pertama WNI yang telah dikonfirmasi positif terpapar COVID-19 di Brunei Darussalam.

Ketiga WNI tersebut saat ini sedang dirawat di National Isolation Centre atau Pusat Pengasingan Kebangsaan di Tutong. Semuanya berada dalam kondisi baik dan stabil.

KBRI Bandar Seri Begawan menyatakan, sesuai dengan Infectious Diseases Act, pemerintah Brunei akan menanggung biaya perawatan seluruh kasus penderita COVID-19, baik warga lokal maupun warga asing. KBRI akan terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berwenang terkait penanganan ketiga WNI tersebut.

Sejalan dengan Titah Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Sultan dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam, pada 21 Maret 2020, KBRI Bandar Seri Begawan mengimbau komunitas Indonesia di Brunei Darussalam untuk tidak panik dan meningkatkan kewaspadaan. Semua juga diminta mematuhi petunjuk mitigasi dan pencegahan wabah COVID-19, seperti menghindari keramaian baik yang resmi maupun tidak resmi (social distancing), menggunakan penutup muka dan cairan pembunuh kuman, serta memperbanyak doa.

Lebih lanjut, KBRI Bandar Seri Begawan menyampaikan kepada seluruh WNI agar menunda rencana keberangkatan ke Brunei Darussalam. Mulai 24 Maret 2020, semua warga negara asing tidak dibenarkan memasuki wilayah Brunei hingga tanggal yang akan ditentukan kemudian.

Jika memiliki gejala sakit pernapasan dan riwayat perjalanan ke negara yang terkena dampak COVID-19, WNI dapat menghubungi nomor health advice line COVID-19 Kementerian Kesehatan Brunei Darussalam di 148. Jika memerlukan bantuan, KBRI Bandar Seri Begawan dapat dihubungi melalui nomor hotline +673 710 9542 atau +673 233 0180.

Sebagai bangsa yang beragama, KBRI Bandar Seri Begawan mengajak segenap komunitas Indonesia di Brunei Darussalam untuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi kesembuhan WNI yang terpapar COVID-19, baik di Brunei Darussalam maupun di Indonesia, dan agar kita semua dilindungi dari penyebaran wabah COVID-19 ini.

Pesan Jokowi ke Gubernur: Utamakan Keselamatan, Siapkan Bansos!:

(hri/fjp)