RI Akan Tiru Drive-thru Corona ala Korea, Apa yang Perlu Disiapkan?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 19 Mar 2020 13:09 WIB
RS di Australia membuka layanan pemeriksaan virus corona via drive-through. Hal itu dilakukan guna minimalkan kontak antara calon pasien dengan petugas medis.
Foto ilustrasi (Getty Images/Tracey Nearmy)
Jakarta -

Indonesia akan segera melakukan tes Corona massal, seperti model drive-thru di Korea Selatan (Korsel). Lalu, apa saja yang perlu disiapkan?

Pemimpin Muhammadiyah COVID-19 Command Center, dr Corona Rintawan, menjelaskan Indonesia bisa meniru seperti yang dilakukan Korsel. Namun, ada tiga aspek yang patut dijadikan perhatian dan dipersiapkan pemerintah Indonesia ketika menerapkan kebijakan ini.

"Yang perlu disiapkan ketika ingin menggelar drive-thru test Corona adalah manajemen informasi dan pendataan, manajemen kegiatan massal, dan manajemen layanan kesehatan pendukung," kata dr Corona saat dihubungi, Kamis (19/3/2020).

Selain itu, dokter spesialis kedaruratan medik ini memaparkan bahwa manajemen informasi dan pendataan harus dilakukan secara akurat sesuai peta sebaran. Hal ini agar proses tes Corona bisa lebih efektif.

Dia juga memaparkan turunan dari manajemen kegiatan massal. Yakni mulai dari alur kedatangan orang-orang yang akan dites hingga alur komunikasi pemeriksaan.

"Mulai publikasi terkait kegiatan, alur kedatangan, prosedur keamanan dan keselamatan, alur pendataan identitas peserta, alur kepulangan, prosedur tim kesehatan, alur komunikasi hasil pemeriksaan dan lain-lain," ungkapnya.

Imbauan Jokowi: Kerja dari Rumah Jangan Malah Liburan:

Selanjutnya
Halaman
1 2