Gambaran Tes Besar-besaran Corona di Korsel yang Terbukti Efektif

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 13:29 WIB
tes PCR
Foto ilustrasi (iStock)
Jakarta -

Merespons kondisi darurat virus Corona, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendorong Pemerintah RI untuk melakukan tes cepat (rapid test) mencontoh Korea Selatan (Korsel). Begini gambaran penapisan cepat (rapid screening) virus Corona di Korsel yang terbukti efektif.

Secara umum di banyak negara, tes virus Corona selama ini masih menggunakan DNA/RNA. Tes dengan metode ini tidak bisa cepat, relatif mahal karena membutuhkan alat seperti mesin polymerase chain reaction (PCR). PCR ialah alat yang digunakan untuk mereplikasi DNA.

Namun, kini beberapa perusahaan farmasi di dunia telah memproduksi dan mengembangkan alat diagnostik rapid test atau test kit untuk Corona. Test kit Corona menggunakan alat ini untuk memeriksa sampel darah dan mengetes antibodi. Salah satu perusahaan farmasi yang sudah memproduksinya ialah SD Biosensor, perusahaan farmasi asal Korsel.

Sebagaimana dikutip dari laman situs SD Biosensor, Rabu (18/3/2020) test kit ini tak lagi membutuhkan alat tambahan. Hanya dalam waktu 10 menit saja, hasil tes Corona bisa keluar.

Maka dari itu, Korsel -- menggunakan alat tes dari SD Biosensor -- bisa melakukan tes besar-besar di negaranya sebagai tindakan preventif menekan korban Corona.

Tes ini terbukti efektif sebagai langkah rapid screening. Angka kematian pun bisa ditekan. Kendati demikian, rapid test ini juga masih didukung tes memakai PCR dengan pelayanan drive-thru yang gratis.

Bukan dengan Tangan, Ini Etika Menutup Batuk ala Tim Pakar COVID-19:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4