Pembantu Akui Bantu Aulia Kesuma Bunuh Pupung-Dana: Saya Awalnya Tak Mau

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 21:11 WIB
Kesaksian Pembantu Aulia, Rody
Kesaksian Pembantu Aulia, Rody (Yulida/detikcom)
Jakarta -

Pembantu Aulia Kesuma, Rody Syaputra, yang juga terdakwa dalam berkas terpisah, mengaku disuruh Aulia untuk ikut membunuh Edi Candra Purnama dan korban Muhammad Adi Pradana. Akan tetapi, Rody mengaku takut dan sempat ingin menggagalkan rencana Aulia.

"Saya sudah berkali kali bilang ke ibu Aulia saya nggak sanggup. Sama mereka (terdakwa) juga saya bilang saya nggak mau disuruh membunuh tapi mereka cuma diam," kata Rody, di PN Jaksel, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (12/3/2019).

Hal itu disampaikannya dalam sidang pemeriksaan saksi terdakwa eksekutor pembunuhan, Kusmawanto alias Agus dan Muhammad Nursahid alias Sugeng. Rody mengaku mendapat tugas dari Aulia untuk membakar rumah di Lebak Bulus.

"Pada saat itu Ibu Aulia meminta bantuan agar membantu untuk membunuh suaminya. (Tugasnya) pada saat ke luar rumah saya disuruh membakarnya," ujarnya.


Namun Rody mengaku tidak sanggup melaksanakan rencana Aulia. Dia sempat berpikir untuk menggagalkan rencana tersebut saat berada di dalam mobil, tetapi akhirnya dia tidak melapor ke polisi.

"(Kalau) saya turun dari mobil itu saya panggil ini gimana caranya menggagalkan rencana ini. Gimana caranya," ujar Rody.


Rody mengaku mengetahui kedua terdakwa Agus dan Sugeng yang akan dijadikan pembunuh bayaran. Rody yang penasaran itu bertanya ke kedua terdakwa, tetapi kedua terdakwa mengaku ke Rody akan dipekerjakan untuk membersihkan gudang.

Selanjutnya
Halaman
1 2