Kemenkes Awasi 12 Orang dengan Gejala Corona Ringan

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 12 Mar 2020 19:39 WIB
Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto
Achmad Yurianto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan pihaknya saat ini sedang mengawasi 12 pasien dalam pengawasan (PDP) terkait virus Corona. Kemenkes menyebut 12 orang ini memiliki gejala ringan Corona.

"Kemudian berikutnya saya sampaikan tentang PDP yang betul-betul kita awasi, ini pasien baru semua tapi kita minta PDP jadi perhatian khusus karena beberapa di antaranya ada yang baru datang dari luar negeri, ada yang jalani kontak baru-baru itu misalnya dia antar pasien nomor 33," ujar juru bicara Pemerintah terkait penanganan Corona, Achmad Yurianto, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/3/2020).


Yuri tidak menjelaskan rinci terkait pasien dalam pengawasan ini. Dia hanya menyebut ada 12 pasien yang diawasi. Yuri menyebut 12 orang ini datang atas inisiatif sendiri dan mereka memiliki gejala-gejala awal Corona.

"Saya masih belum bisa menyebutkan, tetapi ada pengawasan secara spesifik terhadap 12 orang ini, karena memiliki ada yang insiatif datang sendiri 'saya dari luar negeri', ada yang mengatakan sempat berkontak dengan pasien yang sudah kita katakan di awal," kata Yuri.


Yuri mengatakan 12 orang ini memiliki gejala-gejala awal Corona. Dia menyebut 12 orang ini tidak dalam kondisi sehat.

"Dan keseluruhannya di 12 ini emang menunjukkan ada gejala (Corona) meskipun ringan, bukan orang segar bugar, ada yang panas, demam disertai batuk, dan ada yang disertai pilek," jelasnya.

Tonton juga Banyak WNI Tertular Corona di Luar Negeri, Mana Saja? :

[Gambas:Video 20detik]



(zap/tor)