Panglima TNI: Pulau Galang Tempat Ideal untuk Bangun RS Khusus Corona

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Minggu, 08 Mar 2020 14:43 WIB
Acara Pengarahan Panglima-Kapolri di Pulau Galang
Foto: Acara Pengarahan Panglima-Kapolri di Pulau Galang (Kadek-detikcom)
Batam -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bicara mengenai keistimewaan Rumah Sakit (RS) khusus untuk corona di Pulau Galang, Kepulauan Riau. Menurut Hadi, RS ini ideal untuk dipergunakan sebagai tempat observasi dan isolasi karena tempatnya yang strategis.

Hal itu dikatakan Hadi saat acara pengarahan bersama Kapolri Jenderal Idham Azis di Pulau Galang, Minggu (8/3/2020). Hadi dan Idham melakukan pengecekan kesiapan pembangunan RS khusus bersama sejumlah pejabat yakni Kepala BNPB Doni Monardo, Pangkogabwilhan 1 Laksamana Madya Yudo Margono, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Dalam sambutannya, Hadi mengatakan pulau Galang merupakan salah satu tempat ideal untuk di bangun ya RS khusus tempat observasi dan isolasi. Hal itu karena lokasinya berada di tengah hutan serta jarak dengan pemukiman lumayan jauh.

"Pulau Galang adalah salah satu tempat ideal yang nantinya akan dibangun satu Rumah Sakit khusus. Rumah sakit yang memiliki fasilitas sebagai observasi dan fasilitas sebagai isolasi. Tempatnya sangat ideal di tengah hutan. Jarak dengan penduduk kurang lebih 2 hingga 3 km," ujar Hadi.

Selain jarak dan lokasi yang dirasa ideal, Hadi menuturkan, akses menuju lokasi juga cukup mudah. Sebab dekat dengan bandara dan bisa didarati oleh pesawat berbadan besar maupun kecil disamping itu juga jarak tempuh dari bandara ke lokasi hanya sekitar satu jam.

"Dan kalau ada pasien yang harus dikirim dari luar Negeri maupun dari wilayah Indonesia kapan pun bisa sampai sini karena memiliki bandara yang bisa didarati oleh pesawat kecil maupun pesawat berbadan lebar, dan jarak dari bandara ke pulau Galang ini kurang lebih 1 jam," tuturnya.

Dia juga meminta kepada semua prajurit TNI-Polri untuk segera melakukan kegiatan pengamanan. Mulai dari pengamanan jalan hingga pengamanan wilayah agar target pembangunan segera terlaksana di lokasi.

"Saya minta kepada seluruh aparat TNI-Polri segera melaksanakan kegiatan pengamanan baik pengamanan di jalan raya, pengamanan wilayah yang akan kita bangun agar target pembangunan bisa kita capai dan fasilitas juga akan segera tersedia dan kita segera operasionalkan untuk menampung saudara-saudara kita yang harus melaksanakan observasi maupun melaksanakan isolasi di wilayah ini," pintanya.

"Dan mereka bisa sembuh dengan baik, keluar dari pulau Galang ini dengan tidak adanya penyakit atau terinveksi virus Corona tersebut. Saya mengucapkan banyak terimakasih ini bagian dari sinergitas dari TNI-Polri yang saya dengung-dengungkan dan nyata hasilnya," Sambungnya.

Tonton juga Panglima TNI-Menteri PUPR Cek Pulau Galang Terkait Rencana RS Corona :

Selanjutnya
Halaman
1 2