Ke Bakamla, Mahfud Md Bahas Omnibus Law Kemananan Laut

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 06 Mar 2020 11:51 WIB
Menko Mahfud Md dan Kabakamla Laksamana Madya Aan Kurnia
Foto: Kabakamla Laksamana Madya Aan Kurnia dan Menko Mahfud Md (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md mengunjungi Badan Keamanan Laut (Bakamla) untuk membahas soal Omnibus Law Keamanan Laut. Dalam kunjungan itu Mahfud disambut oleh Kabakamla Laksamana Madya Aan Kurnia.

"Hari ini saya ke Bakmla karena sekarang kita sedang memggarap satu instrumen hukum, instrumen peraturan perundang-undangan yang akan membuka koordinasi keamanan laut itu bisa ditangani secara lebih sederhana dan koordinasinya terpusat," Kata Mahfud di Kantor Bakamla, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (6/3/2020).

Mahfud menuturkan bahwa jika dikehendaki oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) maka Bakamla akan menjadi penjuru dalam mengamankan kemanan di wilayah laut. Sebab kata Mahfud selama ini masih ada 7 lembaga yang menangani soal keamanan di laut, ke depannya semua akan dikoordinir oleh Bakamla.

"Kalau Presiden menghendaki Bakamla ini menjadi koordinator atau penjuru di dalam penanganan keamanan laut. Karena selama ini kan masih banyak, minimal masih ada 7 kan yang nangani. Sekarang, okelah 7 tapi nanti koordinasinya tuh menyatu," tuturnya.

Mahfud pun kemudian meninjau segala kesiapan Bakamla mulai dari teknologi hingga Sumber Daya Manusia (SDM). Nantinya, Mahfud meyakini langkah-langkah baru dalam mengkoordinir keamanan laut ke depannya bisa segera terwujud sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.

"Lalu saya melihat kesiapannya di sini dari sudut teknologinya, SDM-nya, dan lain-lain. Dan insyaAllah nanti bisalah segera dimulai langkah-langkah baru untuk secepatnya koordinasi keamanan laut itu bisa ditangani oleh Bakamla sesuai dengan instruksi presiden," ujarnya.

Tonton juga Mahfud: Omnibus Law Keamanan Laut untuk Koordinasi yang Lebih Baik :

Selanjutnya
Halaman
1 2