Karcis Insidentil Rp 10.000/Mobil Disorot, PD Parkir Makassar Angkat Suara

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 17:44 WIB
Viral karcis parkir Rp 10.000 per mobil di Makassar (dok. Istimewa)
Viral karcis parkir Rp 10.000 per mobil di Makassar (dok. Istimewa)
Makassar -

Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya mengeluarkan karcis Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor. Karcis diterbitkan untuk memberi efek jera ke juru parkir (jukir) liar dan warga yang parkir di sembarang tempat.

"Ini sebenarnya kita mau membuat efek jera kepada masyarakat pengguna jalan yang parkir (sembarangan) di tepi jalan, supaya tidak parkir lagi di tempat itu," ujar Direktur Utama PD Parkir, Ilhamsya Gaffar, saat ditemui di Jalan Somba Opu, Makassar, Kamis (5/3/2020).

Ilham menjelaskan karcis dengan harga Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk motor memang sengaja dikeluarkan di tempat yang dijadikan area parkir secara insidental. Misalnya lahan atau pinggiran jalan yang dijadikan tempat parkir saat ada acara konser musik, event, hingga pesta pernikahan.

"Bayangkan saja kalau misalnya di tempat itu ada acara pengantin, mereka simpan kendaraannya 2 jam sampai 3 jam, kalau semua simpan kendaraannya seperti itu, ditutuplah akses-akses jalan yang (akhirnya) membuat kemacetan," katanya.

Namun Ilham menegaskan karcis dengan harga tersebut masih dalam tahap uji coba. Ada kriteria tersendiri untuk penerapan karcis dengan harga tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2