WHO Paparkan 4 Perbedaan Corona dan Flu, Penanganannya Berbeda

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 15:56 WIB
Foto ilustrasi penggambungan dua foto: Menkes Terawan dan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (detikcom)
Foto ilustrasi penggabungan dua foto: Menkes Terawan dan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Dok. detikcom)
Jakarta -

Di Indonesia, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sempat mengatakan angka kematian akibat flu lebih tinggi dibanding virus Corona. Kini, Dirjen Badan Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus telah memaparkan perbandingan Corona dan influenza.

Terdros menyampaikan perbandingan antara COVID-19 dengan influenza pada forum briefing media di Jenewa, Swiss, Selasa (3/3/2020), yang diakses detikcom dari situs WHO, Rabu (4/3).

"Virus ini bukan influenza. Kita berada pada wilayah yang belum terpetakan," kata Tedros.

COVID-19 dan influenza mengakibatkan penyakit pernapasan dan menyebar dengan cara yang sama, yakni lewat tetesan kecil atau cairan dari hidung dan mulut dari orang terjangkit.

"Meski begitu, ada beberapa perbedaan penting antara COVID-19 dan influenza," kata Tedros.

Perbedaan pertama, COVID-19 memang menular, namun tidak seefektif influenza. Orang yang terinfeksi influenza namun belum sakit bisa menjadi penular virus. Namun orang yang terinfeksi COVID-19 tidak demikian. Ada kalanya korban COVID-19 juga tidak menunjukkan gejala mencolok seperti influenza.

"Bukti dari China, ada 1% kasus yang dilaporkan tidak disertai gejala-gejala, dan kebanyakan kasus menampakkan gejala-gejala dalam dua hari," kata Tedros.

Simak Video "Aming Minta Media Harus Punya Empati dalam Beritakan Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2 3