Karhutla di Bengkalis Riau Sepekan Belum Padam, Satgas Kekurangan Air

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 26 Feb 2020 14:41 WIB
Sejumlah petugas pemadan kebakaran PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berusaha memadamkan kebakaran lahan gambut di Desa Penarikan Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, Riau, Minggu (28/7/2019). Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kebakaran hutan dan lahan hingga Juli 2019 luasnya lebih dari 27 ribu hektare, dan kini masih terus meluas di Kabupaten Pelalawan dan Siak. ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.
Ilustrasi Karhutla di Riau (FB Anggoro/Antara Foto)
Bengkalis -

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Kabupaten Bengkalis, Riau. Sudah sepekan ini api belum bisa dipadamkan.

"Iya, tim sudah enam hari berada di lokasi kebakaran di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis," kata Kepala Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Ismail Hasibuan dalam perbincangan dengan detikcom, Rabu (26/2/2020).

Ismail menjelaskan, kawasan yang terbakar saat ini merupakan kawasan gambut di lahan kosong yang berdekatan dengan lahan masyarakat. Api yang membara di lokasi sangat sulit dipadamkan dalam sepekan ini.

"Tim Satgas di lapangan kesulitan mendapatkan air untuk melakukan pemadaman. Ini salah satu kendala yang dihadapi di lokasi," kata Ismail.

Menurut Ismail, api cepat meluas karena angin yang kencang dan teriknya cuaca. Angin kencang menyebabkan api menjalar ke lahan lainnya.

"Namun kita belum bisa pastikan berapa luas kebakarannya. Kita masih fokus dalam penanganan pemadaman di lokasi," katanya.

Akibat kebakaran lahan ini, kata Ismail, muncul asap pekat di lokasi. Tim Satgas masih terus berusaha memadamkan api.

"Tim Satgas hingga saat ini tengah berupaya melakukan pemadaman," kata Ismail.

Simak Video "Jokowi Siap Copot Aparat Gagal Atasi Karhutla, Polri: Sesuai Instruksi"

[Gambas:Video 20detik]

(cha/azr)