Depresi, IRT di Muna Sultra Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

Sitti Harlina - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 02:20 WIB
Rumah Wa Ode Siti Nur Jaya (40).
Rumah korban. (Foto: Sitti Harlina/detikcom)
Muna -

Seorang ibu rumah tangga (IRT), Wa Ode Siti Nur Jaya (40) ditemukan tewas di kediamannya di Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Korban diduga mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

Korban ditemukan suaminya, Syaiful sudah tergeletak tak bernyawa di depan kamar rumahnya, Jalan Abdul Kudus, Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) Sabtu (22/2/2020). Di kosen, terikat tali yang diduga digunakan korban untuk gantung diri.

Syaiful menceritakan, pada pagi hari korban memintanya pergi ke puskesmas. Korban menginginkan suaminya itu meminta rujukan ke puskesmas untuk berobat.

"Dia meminta saya untuk ke puskesmas, minta rujukan karena ingin ke rumah sakit, berobat. Saya bilang mau simpan anak saya yang bungsu, tapi dia bilang bawa. Jadi dia hanya seorang diri di rumah," kata Syaiful.

Syaiful pun kaget melihat istrinya tidak berdaya saat tiba di kediamannya. Dia mengungkapkan, satu tahun terakhir ini istrinya depresi dan sudah berobat di Rumah Sakit Jiwa Kendari.

"Sakit, selalu ingin bunuh diri. Pernah juga sudah hampir bakar rumah. Sempat dirawat di RSJ, tapi baru keluar," ungkapnya.

Keluarga korban memutuskan untuk tidak membawa persoalan tersebut ke ranah hukum. Namun, pihak kepolisian tetap melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Pihak keluarga sudah menerima dan tidak akan diproses, tapi kita tetap melakukan olah TKP," ucap Kasat Reskrim Polres Muna, AKP Ogen Sairi.

(zak/zak)