Ini Kata Kabareskrim soal Mahfud Md Usul Polsek Tak Urus Pidana

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 19 Feb 2020 19:17 WIB
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo
Foto: Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Eva-detikcom)
Jakarta -

Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo menanggapi usulan soal kepolisian sektor (polsek) yang dibebaskan dari fungsi penyelidikan dan penyidikan. Menurutnya meski cakupan wilayah polsek kecil, namun tetap diperlukan proses kegiatan penegakkan hukum.

"Ya kami mengikuti kabarnya saja. Saya kira kan di daerah terkecil, saya kira perlu ada penegakan hukum yang sederhana yang bisa diberlakukan di sana," kata Listyo Sigit, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Listyo Sigit mengatakan jika anggota di tingkat polsek mampu menangani perkara maka hal tersebut sah-sah saja. Dan jika perkara di wilayah polsek diserahkan ke polres, lanjut Listyo Sigit, hal itu juga tak masalah.

Jika polsek memiliki kemampuan, menurut Listyo Sigit, tidak ada salahnya melakukan urusan pidana. Namun, jika tidak bisa saja diserahkan ke polres.

"Tergantung (kondisi, red) geografisnya. Kalau memang polseknya mampu dan mempunyai penyidik, mereka boleh melakukan. Tapi kalau memang tidak mampu dan diserahkan ke polres, tidak jadi masalah," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2