Maqdir Ismail Ungkap Terakhir Ketemu Nurhadi: Sebelum Ditetapkan Buron

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 14:36 WIB
Maqdir Ismail
Maqdir Ismail sebagai kuasa hukum mantan Sekretaris MA Nurhadi dalam praperadilan. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Maqdir Ismail sempat menyebut keberadaan tersangka KPK yang kini menjadi buron, yaitu Nurhadi, di Jakarta. Namun untuk saat ini Maqdir mengaku tidak tahu di mana Nurhadi berada.

"Saya tidak tahu keberadaan dia sekarang," kata Maqdir kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Maqdir mengaku terakhir kali bertemu Nurhadi saat mendapatkan kuasa untuk mendaftarkan praperadilan. Menurutnya, pertemuan itu terjadi sebelum KPK menetapkan Nurhadi sebagai buron.

"Saya ketemu terakhir waktu tanda tangan kuasa sebelum daftar praperadilan. Kami daftar praperadilan tanggal 5 Februari 2020, jauh sebelum DPO," kata Maqdir.

Diketahui status buron Nurhadi disematkan KPK pada 13 Februari 2020. Selain Nurhadi, 2 tersangka lain, yaitu Rezky Herbiyono dan Hiendra Soenjoto, juga berstatus buron dalam perkara tersebut. Rezky merupakan menantu Nurhadi, sedangkan Hiendra disebut sebagai Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT).

KPK menduga Nurhadi dan Rezky menerima suap dari Hiendra. Selain itu, Nurhadi dan Rezky diduga menerima gratifikasi berkaitan dengan penanganan perkara sengketa tanah di tingkat kasasi dan PK (peninjauan kembali) di MA.

Selanjutnya
Halaman
1 2