Batan Jelaskan Radiasi Limbah Radioaktif di Batan Indah Sudah Turun 70%

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 11:30 WIB
Pembersihan limbah radioaktif di Komplek Batan (Sachril Agustin-detikcom)
Pembersihan limbah radioaktif di Kompleks Batan (Sachril Agustin/detikcom)
Jakarta -

Ada zat radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menyebut radiasi radioaktif di Batan Indah telah menurun.

"Menurunnya itu sekarang sudah hampir 70 persen," kata Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Heru Umbara, di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Selasa (18/2/2020).

Heru mengatakan radiasi radioaktif yang mengandung unsur Cs 137 ini tinggal 30 persen dari titik hotspot. Radiasi ini bisa menurun berkat proses clean up yang dilakukan petugas.

Dia menjelaskan proses clean up dilakukan selama 20 hari dan sekarang sudah hari ke-6. Heru mengungkapkan progres clean up berjalan signifikan.

"Nah sehabis itu kita lakukan remediasi. Artinya kalau sudah selesai semuanya, kita kembalikan lingkungan ini kepada seperti sedia kala. Artinya mungkin, ada pohon yang ditebang, kita ganti pohon yang baru dan lain-lain," jelas dia.

Namun, Heru tak dapat memastikan sampai kapan proses clean up ini dilaksanakan. Dia hanya berharap pengerjaan ini bisa cepat selesai.

"Tapi intinya, kita akan terus berusaha setiap hari untuk mengambil tanah ataupun vegetasi yang mengandung zat radioaktif," ucap Heru.

Simak Video "Pembersihan Limbah Radioaktif di Batan Indah Masih Dilakukan"

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)