Masih Ada Limbah Radioaktif di Batan Indah, Pembersihan Dilanjutkan

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 10:14 WIB
Limbah Radioaktif di Batan Indah (Sachril-detikcom)
Limbah Radioaktif di Batan Indah (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Pengangkutan limbah radioaktif di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), yang sempat terhenti dilanjutkan. Garis pembatas sudah terpasang.

Pantauan detikcom, Selasa (18/2/2020), di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, ada 1 ekskavator kecil dan drum-drum untuk mengangkut tanah yang terpapar radioaktif. Petugas pun sudah berdatangan dan sedang bersiap-siap melakukan proses clean up. Banyak dari petugas yang sedang memakai peralatan safety.

Proses clean up dilakukan seperti hari sebelumnya, yakni pengukuran (mapping) dengan alat RDMS-MONA. Ketika pengukuran sudah dilakukan, petugas akan mengeruk tanah yang terpapar radioaktif.

Truk pun sudah disiagakan untuk membawa drum. Polisi dan TNI ada di sekitar lokasi untuk melakukan penjagaan.

Kepala Biro Humas dan Kerjasama Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Heru Umbara menjelaskan proses clean up atau pembersihan ini adalah pengerjaan lanjutan. Dia mengatakan proses clean up kemarin sempat terhenti karena hujan.

"Untuk hari keenam kita akan melanjutkan proses clean up, yang 2 hari kemarin tertunda karena hujan. Hujan yang luar biasa besarnya, kita terpaksa menghentikan proses clean up itu," kata Heru.

Heru menjelaskan proses clean up dilakukan selama 20 hari. Total drum berisi tanah radioaktif yang telah diambil selama 5 hari terakhir, lanjutnya, sebanyak 115 drum.

Dia menjelaskan drum ini dibawa ke Batan. Heru mengatakan ada sekitar 100 drum yang dibawa untuk proses clean up ini.

"Kita akan lihat, sehabis clean up akan dilakukan mapping kembali. Kalau toh itu misalnya masih ada paparan signifikan, kita akan teruskan besok," pungkas dia.

Tonton juga Bapeten Punya Data Pengguna Industri Pemakai Limbah Radioaktif Cesium :

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/zlf)