Round-Up

Beragam Asa Usai Kembali dari Natuna

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 20:50 WIB
Sejumlah prajurit TNI bersama masyarakat mengibarkan bendera merah putih saat melepas Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah selesai menjalani masa observasi usai dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, China di Hanggar Pangkalan Udara TNI AU Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Sabtu (15/2/2020). Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara resmi telah memulangkan 238 WNI ke daerah masing-masing karena telah dinyatakan sehat. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Potret kepulangan WNI yang diobservasi di Natuna (Foto: Antara Foto/Muhammad Adimaja)
Jakarta -

Setelah menjalani observasi di Natuna selama 2 pekan terkait virus corona, ratusan warga negara Indonesia kembali ke kampung halaman masing-masing. Sebagian dari mereka yang merupakan mahasiswa berharap dapat menuntaskan studinya tapi ada pula yang berharap tidak kembali lagi ke Wuhan di China.

Total ada 238 WNI yang pulang kampung pada Sabtu (15/2) kemarin. Ratusan WNI itu sebelumnya diobservasi di Natuna usai dievakuasi dari Wuhan pada 2 Februari 2020 lalu karena wabah virus corona. Mereka diobservasi selama 14 hari. Proses observasi dilakukan sesuai dengan standar World Health Organization (WHO).

Ke-238 dan 42 tim penjemput serta 5 tim Aju dari KBRI Beijing 5 orang dinyatakan sangat sehat. Mereka juga dibekali sertifikat kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Kami lengkapi juga sertifikat kesehatan dia dari hasil pemeriksaan, pemantauan selama observasi," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Setibanya di Jakarta, perwakilan dari daerah dan keluarga telah menunggu kedatangan mereka. Momen bahagia pun tampak dalam proses penjemputan 238 WNI tersebut.

Keluarga menyambut bahagia kedatangan mereka. Beberapa di antaranya bahkan berencana menggelar syukuran atas kepulangan dan kesehatan anaknya atau keluarganya yang baru saja menjalani observasi di Natuna. Sejumlah kepala daerah juga menyambut langsung kepulangan warganya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3