Petugas Berpelindung Lengkap Bersihkan Sisa Radioaktif di Batan Indah

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 16 Feb 2020 10:22 WIB
Petugas Batan bersihkan sisa limbah radioaktif di Batan Indah, Tangsel. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto: Petugas Batan bersihkan sisa limbah radioaktif di Batan Indah, Tangsel. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Sisa limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), diangkut. Proses pembersihan lokasi yang terpapar limbah radioaktif sedang dilakukan.

Pantauan detikcom, Minggu (16/2/2020) di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, garis polisi masih dipasang. Petugas tampak berjibaku untuk melakukan proses pembersihan ini.

Tampak, petugas yang akan melakukan proses clean up memakai perlengkapan pelindung, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Brimob pun terlihat melakukan penjagaan di sekitar lokasi.

"Jadi pagi ini kita dari Batan (Badan Tenaga Nuklir Nasional) dan Bapeten (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) akan melanjutkan proses clean up yang kemarin belum selesai," kata Kepala Biro Humas dan Kerjasama Batan, Heru Umbara, di perumahan Batan Indah, Serpong, Tangsel, Minggu (16/2/2020).

Dia menambahkan, proses pembersihan bakal dilakukan sampai siang nanti. Proses ini dilakukan dengan mengambil sisa tanah yang masih mengandung zat radioaktif. Tanah yang mengandung radioaktif ini akan dibawa ke Batan untuk diidentifikasi lagi.

"Sehabis itu kita akan melakukan mapping (pemetaan) kembali sehingga daerah ini bisa kita nyatakan aman," ucap dia.

Sebelumnya, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyelidiki asal limbah radioaktif di Perumahan Batan Indah, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel). Keduanya akan mengumpulkan sejumlah keterangan di lokasi.

"Kami memang koordinasi terus dengan kepolisian. Mungkin besok kami koordinasi lebih detail," kata Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, ketika dihubungi, Sabtu (15/2).

Indra mengatakan sebelumnya Bapeten fokus pada penanganan secara teknis. Namun, setelah itu, pihaknya akan mengumpulkan sejumlah hasil temuannya agar bisa dijadikan alat bukti bagi kepolisian untuk menaikkan ke level penyelidikan.

"Kemarin kami lebih ke isu teknis, bagaimana menjaga keselamatan karena radiasi, takutnya petugas kena," ujarnya.

Bapeten Sebut Sumber Radioaktif di Batan Indah dari Sisa Limbah:

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/dnu)