Round-Up

Buntut Rusuh di Rutan, Menkum HAM Dipanggil ke Senayan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 20:05 WIB
Kerusuhan serta kebakaran terjadi di Rutan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara. Polda Sumut mengatakan tahanan di rutan itu yang melakukan pembakaran.
Kebakaran Rutan Kabanjahe. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kerusuhan di Rutan Kabanjahe, Karo, Sumatera Utara, berbuntut panjang. Menkum HAM Yasonna Laoly dipanggil ke Senayan untuk menjelaskan rusuh di Rutan.

Gaduh di rutan itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB hingga menjelang sore, Rabu (12/2/2020). Emosi narapidana dipicu kegiatan geledah narkoba di area rutan.

Polisi menyebut Rutan Kabanjahe yang sempat rusuh mengalami kelebihan kapasitas. Narapidana yang telah inkrah bakal dipindahkan dari rutan tersebut.

"Ini yang sudah inkrah ada 268 ya, warga binaan sudah inkrah yang jatuhnya nanti akan dipindahkan ke berbagai rutan di Sumatera Utara. Kemudian ada 142 itu warga yang belum inkrah. Itu nanti dari hasil koordinasi akan dititipkan di rutan polres maupun polsek, rutan polres di Sumatera Utara," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Hotel Pangeran, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Kamis (13/2/2020).



Argo tak menjelaskan waktu pemindahan napi dari Rutan Kabanjahe. Menurutnya, langkah pemindahan ini guna mencegah kejadian serupa terulang.

Dalam peristiwa ini, polisi sudah menetapkan 20 napi menjadi tersangka. 20 narapidana yang diamankan itu diduga menjadi dalang kericuhan Rutan Kabanjahe.

"Awalnya kita mengamankan 10 narapidana. Kemudian, hasil pemeriksaan intensif dan maraton berkembang jadi 20 orang narapidana yang terlibat pemicu kerusuhan. Semuanya sudah dipisahkan," kata Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Hutajulu dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (13/2).

Mereka akan disangkakan dengan Pasal 170 KUHP. Saat ini polisi terus melakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap para tersangka tersebut.

"Ada satu orang tadi malam dirujuk ke RS karena derita penyakit dalam. Kondisi rutan kondusif," sebut Benny.



Benny menuturkan, sejumlah napi sudah dipindahkan ke sejumlah Rutan atau Lapas lainnya sejak tadi malam hingga pukul 04.00 WIB pagi, akibat Rutan Kabanjahe rusak Mereka dipindah ke Binjai, Sidikalang, Hinai Langkat, dan Tanjung Gusta.

Selanjutnya
Halaman
1 2