Polisi: Perkara Transgender Lucinta Luna Kasus Perdana Polres Jakbar

Yogi Ernest - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 16:28 WIB
Lucinta Luna
Foto: Detikcom/Palevi S
Jakarta -

Polres Jakarta Barat sempat kebingungan untuk menempatkan Lucinta Luna di sel laki-laki atau perempuan. Kasus yang menyangkut transgender seperti Lucinta Luna ini adalah kasus pertama yang ditangani Polres Jakbar.

"Polres Jakarta Barat baru kali ini yang pertama (menangani kasus transgender)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polres Jakbar, Jl S Parman, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (13/2/2020).

Permasalahan gender Lucinta Luna sempat menjadi polemik. Polisi juga mengungkap sebelumnya sempat ragu dengan status gender Lucinta Luna.

"Kemarin kita masih meragukan status yang bersangkutan apa dia laki-laki atau perempuan. Itu yang masih menjadi polemik dari kemarin," kata Yusri.

Tapi, sekarang polisi sudah punya kejelasan setelah mendapatkan surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menetapkan Lucinta Luna sebagai seorang perempuan. Lucinta Luna sudah sah di mata negara dan hukum berstatus sebagai perempuan, setelah sebelumnya ia memohon perubahan ganti kelamin dan nama ke PN Jakarta Selatan.

Simak Video "Hasil Pemeriksaan Lucinta Luna di BNN Keluar dalam 3 Hari"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2