Menlu soal Wacana Pemulangan WNI Eks ISIS: Kami Akan Verifikasi Data

Yogi Ernest - detikNews
Selasa, 11 Feb 2020 13:57 WIB
Menlu Retno Marsudi terima kunjungan Menlu Jepang Toshimitsu Motegi. Pertemuan itu membahas kerja sama Indonesia-Jepang khususnya di bidang investasi di Natuna.
Menlu Retno (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah masih mengkaji wacana pemulangan WNI eks ISIS ke Indonesia. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan wacana itu sejauh ini masih dalam tahap verifikasi data.

"Kita ini ya kalau ditanya posisi kita sejauh ini baru akan melakukan pendataan," ujar Retno di Kantor PBNU, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

Retno enggan berkomentar lebih jauh terkait wacana pemulangan WNI eks ISIS tersebut. Dia hanya menegaskan pemerintah saat ini masih dalam memverifikasi data-data penduduk yang disebut bergabung dengan ISIS.

"Data yang kita terima banyak sekali yang simpang siur, kita ingin memverifikasi. Itu saja yang bisa saya sampaikan," kata Retno.

Seperti diketahui, wacana pemulangan WNI eks ISIS itu menuai banyak penolakan, termasuk dari pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Retno sendiri pagi ini bersama Menko Polhukam Mahfud Md dan menteri terkait telah menggelar rapat membahas nasib ratusan WNI eks ISIS itu.

Ada sejumlah alternatif yang disiapkan terkait nasib mereka. Rencananya, siang ini, Mahfud akan melaporkan hasil rapat tersebut ke Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

(mae/mae)