Round-Up

Polemik Penarikan Kompol Rosa, Dewas KPK Pasang Mata

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 07:35 WIB
Dewas KPK buka suara terkait isu-isu terkini. Pernyataan pers itu disampaikan usai bertemu dengan perwakilan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC).
Dewan Pengawas KPK. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Nasib Rosa Purbo Bekti berada dalam ketidakjelasan. Anggota kepolisian berpangkat Kompol itu ditugaskan di KPK tetapi tiba-tiba disebut dipulangkan ke Polri.

Isu berhembus bila pengembalian Rosa ke Korps Bhayangkara itu berkaitan dengan perkara di KPK yang ikut ditanganinya. Namun ada polemik lain mengenai proses pengembalian Rosa.


Awalnya Ketua KPK Firli Bahuri menyebut Kompol Rosa dikembalikan ke Polri sejak 22 Januari 2020 meski masa tugasnya di KPK sampai September 2020. Bersama Rosa, ada seorang anggota kepolisian lain bernama Indra yang dikembalikan.

"Tolong dipahami bahwa Kompol Rosa dan Indra betul sudah dikembalikan ke Mabes Polri," kata Firli kepada wartawan, Selasa (4/2).

Firli menambahkan surat keputusan pengembalian Kompol Rosa sudah ditandatangani oleh Sekjen KPK dan petikan surat tersebut juga ditandatangani Karo SDM Polri. Menurut Firli, Kompol Rosa sudah tak bekerja di KPK per 1 Februari 2020.


Selanjutnya
Halaman
1 2 3