Round-Up

Akal-akalan Pemotor Hindari e-Tilang dengan Tangan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 07 Feb 2020 07:12 WIB
Pemotor terobos busway koridor 6 tutupi nopol pakai tangan
Foto: Pemotor terobos busway koridor 6 tutupi nopol pakai tangan (dok.Polda Metro Jaya)

Hasil penangkapan kamera e-TLE menunjukkan seorang pengendara motor mengenakan helm merah membonceng seorang laki-laki. Mengemudikan motor matic berwarna merah, pemotor itu melintas di busway Koridor 6, tepatnya di dekat Halte Duren Tiga, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Alhasil, motor yang melakukan pelanggaran itu tidak teridentifikasi oleh kamera e-TLE. Sistem pada kamera e-TLE hanya mengidentifikasi jenis kendaraan yang melanggar, yakni kendaraan roda dua.

Meski begitu, dengan kecanggihan kamera e-TLE, wajah pengemudi motor terlihat jelas. Hasil beberapa kali perbesaran kamera e-TLE mengekspos dengan jelas wajah si pemotor nakal.

Pengemudi itu tertawa menyeringai saat melakukan pelanggaran tersebut. Begitu juga pria yang diboncengnya.

Dalam foto terlihat, pengemudi tersebut tertawa sambil menutupi pelat nomornya dengan tangan kiri. Pria yang di belakangnya ikut tersenyum.

Seperti diketahui, Ditlantas Polda Metro Jaya memberlakukan tilang elektronik bagi motor sejak 3 Februari 2020. Aturan ini berlaku di ruas Jl Sudirman-Thamrin dan di koridor 6 busway (rute Ragunan-Dukuh Atas 2).

Sejak sosialisasi pada 1 Februari hingga 4 Februari, tercatat sudah ada 659 pemotor yang ditindak. Pelanggaran motor yang terekam kamera e-TLE rata-rata menerobos busway.

Halaman

(mei/mei)