Round-Up

Demi Kenalan Anggota Dewan, Pimpinan KPK Bolak-balik ke Senayan

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 22:00 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri mendatangi gedung DPR. Firli mengaku akan bertemu dengan pimpinan DPR.
Pimpinan KPK periode 2019-2023 di DPR (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Pimpinan KPK sedang rajin-rajinnya mampir ke Senayan. Belum genap sebulan, Firli Bahuri cs sudah dua kali sowan menemui para anggota dewan.

Tercatat sejak dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Desember 2019, Ketua KPK Firli Bahuri bersama 4 pimpinan KPK lain yaitu Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Lili Pintauli Siregar, dan Nawawi Pomolango menyambangi DPR pada 20 Januari 2020. Meski sebelumnya tercatat pula pada 14 Januari 2020 Firli cs bertemu dengan Pimpinan MPR.

Kehadiran para Pimpinan KPK itu mendadak. Setidaknya saat itu kabar itu diketahui dari pernyataan Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa. Desmond sempat menskors rapat bersama Jaksa Agung untuk bertemu dengan Firli cs.

"Pimpinan ada pertemuan jam 14.00 WIB dengan Pimpinan KPK, sebentar ya. Saya ketemu sebentar dan balik lagi ke sini. Jadi saya mohon jam 14.30 Pak Jaksa Agung, karena pimpinan KPK mengadakan pertemuan dengan Komisi III," ujar Desmond saat menskors rapat.

Lantas pertemuan berlangsung tertutup. Selepasnya Firli menjelaskan soal pertemuan itu yang disebutnya membahas evaluasi kinerja KPK dan program kerja KPK ke depan.

"Yang kita bahas adalah pertama evaluasi kinerja KPK 2016-2019. Kedua, kita ke depan tentu tidak akan bisa berbuat apa-apa tanpa mengetahui apa yang sudah dilakukan yang lalu, dan apa yang kita capai hari ini adalah kinerja masa lalu. Ke depan kita akan bahas terkait dengan program kerja KPK 2020, tentu ini perlu pembenahan," kata Firli pada Senin (20/1/2020).

Selain itu, Firli juga memamerkan capaian kinerja selama 21 hari kerja efektif KPK sejak dilantik. Ia juga menjelaskan kedatangannya hari ini adalah inisiatif KPK, bukan undangan dari pimpinan Komisi III.

"Dan saya harus sampaikan, selama 21 hari, ada 22 orang yang sudah menjadi tersangka, dan ada 12 orang yang sudah ditahan, dan 10 orang masih belum dilakukan penahanan," ungkap Firli.

Waktu berlalu. Firli cs sempat kembali ke Senayan pada 27 Januari 2020. Namun kedatangannya itu resmi untuk rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR bersama Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2