Sidang Kasus Suap Kemenpora

Pejabat KONI Ungkap Pakai Rp 8 M dari Hibah Rp 18 M, Sisanya ke Mana?

Faiq Hidayat - detikNews
Kamis, 06 Feb 2020 13:37 WIB
pengadilan tipikor jakarta
Suasana persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta saat pejabat KONI bersaksi (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta -

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mendapatkan sekitar Rp 18 miliar hibah dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Namun penggunaan dana hibah itu memicu kecurigaan jaksa KPK.

Sebetulnya KONI mengajukan proposal hibah sebesar Rp 20 miliar tetapi pencairannya berkurang Rp 2 miliar. Hibah itu digunakan KONI untuk gaji pegawai hingga kegiatan lainnya.

Sekretaris Bidang Perencanaan dan Anggaran KONI Suradi mengaku pernah suatu ketika dipanggil Ending Fuad Hamidy. Saat itu Hamidy menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) KONI. Suradi menanyakan tentang jatah Rp 8 miliar untuk kegiatan KONI.

"Saya bilang Pak Hamidy kalau Rp 8 miliar apakah bisa jalan?" kata Suradi dalam kesaksiannya saat persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

"Cuma beliau bilang, 'Ini kan kita harus bayar gaji, kebutuhan kantor, kamu mau nggak gajian?'. Lalu bilang, 'Kamu nggak mikir saya harus memberikan buat orang sebelah?!'," imbuh Suradi.

Lantas Suradi menjelaskan mengenai 'orang sebelah' yang dimaksud Hamidy itu. Menurutnya, 'orang sebelah' itu adalah pihak Kemenpora.

Selanjutnya
Halaman
1 2