Setneg Tak Setuju Formula E di Monas: Di Sana Ada Cagar Budaya

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 22:16 WIB
Libur akhir tahun, kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat dipadati oleh pengunjung, Senin (30/12/2019).
Monas (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg) tidak menyetujui rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar Formula E di kawasan Monas. Sekretaris Mensesneg Setya Utama menyebut ada berbagai pertimbangan, salah satunya soal cagar budaya.

"Formula E nanti saya sampaikan rapat komrah (komisi pengarah), bahwa komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas, dengan banyak pertimbangan, di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan," kata Setya di kantornya, Jl Majapahit, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Setya menyebut rencana balap Formula E di Jakarta akan diizinkan jika digelar di luar kawasan Monas. Hingga kini, izin tersebut belum dikeluarkan.

"Secara tertulis belum, kan baru selesai dibicarakan sore ini," katanya.

Diketahui, Kemensetneg mengatakan sudah ada pengajuan izin ke Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka terkait gelaran Formula E 2020. Izin diajukan lantaran lintasan yang dipakai masuk ke dalam kawasan Monas, Jakarta Pusat.

"Formula E sudah mengajukan izin tapi belum kita setujui masih dalam tahap pembahasan," kata Sekretaris Kemensetneg Setya Utama saat dihubungi, Rabu (22/1).

(fas/idh)