Ombudsman Tolak Gabung Tim Usut Fakta Harun Masiku, Yasonna: Silakan Saja

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 17:01 WIB
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menghadiri rapat kerja perdana Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/11/2019).
Yasonna Laoly, Menkum HAM (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Menkum HAM Yasonna Laoly tak mempersoalkan sikap Ombudsman yang menolak bergabung ke dalam tim pengusutan fakta simpang-siurnya informasi mengenai tersangka buron KPK Harun Masiku. Yasonna mengatakan sudah ada lembaga lain yang turut bergabung.

"Silakan saja kalau dia nggak mau ikut, silakan. Tapi kan sudah ada Bareskrim, sudah ada Kemenkominfo, sudah ada BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara). Mereka udah mulai kerja," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Yasonna mengatakan tim bentukannya itu baru mulai bekerja. Menurut dia, penolakan Ombudsman tak mempengaruhi kerja tim mengusut fakta soal Harun Masiku.

"Nggak," ujar dia.

Seperti diketahui, Yasonna mengaku mengajak sejumlah instansi untuk mengusut fakta simpang-siurnya informasi mengenai tersangka buron KPK Harun Masiku. Namun Ombudsman enggan bergabung.

"Ombudsman sudah menyampaikan surat tanggapan, balasan kepada Kementerian Hukum dan HAM yang pada intinya tidak memungkinkan bagi Ombudsman untuk bergabung dalam independen itu karena sesuai dengan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008, Ombudsman adalah lembaga negara yang bekerja secara independen dan mandiri," kata anggota Ombudsman Ninik Rahayu kepada detikcom, Rabu (5/2).

Selanjutnya
Halaman
1 2