Ombudsman Menolak, Kominfo Malah Belum Tahu soal Tim Bentukan Yasonna

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 12:24 WIB
Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu bicara terkait konten YouTuber Kimi Hime yang dianggap kelewat vulgar. Bagaimana tanggapan Kominfo?
Plt Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu (Grandyos Zafna/detikcom)

Tim independen itu sebelumnya dibentuk Yasonna untuk mengusut kesalahan informasi mengenai data perlintasan tersangka KPK Harun Masiku. Tim itu disebut terdiri dari Inspektorat Jenderal Kemenkum HAM, Direktorat Siber Bareskrim Polri, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Ombudsman.

"Iya supaya dari membuat penelitian independen tentang mengapa itu terjadi, supaya jangan dari saya, nanti 'oh Pak Menteri kan bikin-bikin aja, bohong-bohong'. Saya pikir saya belum terlalu tolollah untuk melakukan separah itu," ucap Yasonna pada Senin (27/1) lalu mengenai alasan dibentuknya tim itu.

Ombudsman Menolak, Kominfo Malah Belum Tahu soal Tim Bentukan YasonnaMenkum HAM Yasonna Laoly (Lamhot Aritonang/detikcom)

Harun Masiku merupakan tersangka KPK yang saat ini jadi buron. Kemenkum HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi awalnya menyebut Harun belum kembali ke Indonesia sejak pergi ke Singapura pada 6 Januari 2020.

Setidaknya hingga 16 Januari 2020, Yasonna memastikan Harun masih di luar negeri. Di sisi lain, saat itu sudah beredar kabar bahwa Harun Masiku sudah di Indonesia per 7 Januari 2020, tapi Yasonna menepisnya.

"Pokoknya belum di Indonesia," kata Yasonna, Kamis (16/2).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3