Round-Up

Jejak Zainudin Hasan yang Segera Dieksekusi KPK

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Feb 2020 21:02 WIB
Bupati nonaktif Lampung Selatan Zainudin Hasan menjalani pemeriksaan lanjutan. Ia diperiksa sebagai tersangka kasus suap proyek infrastruktur di Lampung Selatan
Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan yang segera dieksekusi KPK ke penjara (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Upaya Zainudin Hasan lolos dari jeratan hukum kandas. Adik dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu segera dieksekusi ke lapas.

Zainudin merupakan Bupati Lampung Selatan saat dijerat KPK. Dalam surat tuntutan KPK, dia diduga menerima suap dari rekanan-rekanan proyek pada Dinas PUPR Lampung Selatan yang totalnya sekitar Rp 72 miliar.

Dia juga diyakini bersalah menerima gratifikasi senilai total sekitar Rp 7 miliar. Selain itu Zainudin juga diyakini melakukan tindak pidana pencucian uang sekitar Rp 106 miliar serta gratifikasi sekitar Rp 54 miliar yang diduga disembunyikan oleh Zainudin dengan berbagai cara.

Zainudin pun divonis 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 5 bulan kurungan. Seluruh dakwaan KPK pada Zainudin dinyatakan terbukti. Selain itu ada pula pidana tambahan bagi Zainudin yaitu keharusan membayar uang pengganti Rp 66,7 miliar.

Atas vonis itu, Zainudin mengajukan upaya banding hingga kasasi. Upaya itu diajukan karena hukuman 12 tahun penjara dirasa terlalu berat.

Lantas proses hukum berlanjut. Seperti apa hasilnya?