Wali Kota Jakut Surati KAI untuk Bongkar Lokalisasi Gang Royal

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 31 Jan 2020 13:42 WIB
Diamankan di Lokalisasi Gang Royal, 34 PSK Diangkut dari Penampungan
Polisi membongkar prostitusi di lokalisasi Gang Royal Jakut (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijanarko akan bersurat kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait adanya lokalisasi di Gang Royal, Penjaringan. Kawasan lokalisasi itu diketahui menggunakan lahan milik PT KAI, sehingga Pemkot Jakut perlu berkoordinasi dengan KAI untuk membongkarnya.

"Disampaikan Kapolres bahwa lokasi itu merupakan aset PT KAI dan kami sudah menyampaikan surat kepada KAI untuk duduk bersama membuat rencana untuk lokasi di lahan tersebut bisa diamankan atau bisa dioptimalkan untuk hal-hal yang lebih positif dan bermanfaat bagi masyarakat dan kita Jakarta Utara," kata Sigit kepada wartawan di Polres Jakut, Jl Yos Sudarso, Jakarta Utara, Jumat (31/1/2020).

Sigit menegaskan kembali bahwa pihaknya akan berdiskusi dengan PT KAI untuk langkah lebih lanjut.

"Tadi saya sampaikan, Rawa Bebek ini adalah aset BUMN PT KAI. Kami pemerintah kota menyampaikan surat ke KAI untuk berbincang, berdiskusi, berkolaborasi bagaimana kita merencanakan agar wilayah tersebut bisa lebih baik, kondusif," tuturnya.

Di sisi lain, pihaknya mempertimbangkan aspek tata ruang dalam upaya pembongkaran tersebut. Sebab, di lokalisasi tersebut tidak hanya ada kafe-kafe, tetapi juga permukiman penduduk.

"Tentu bicara ada tempat tinggal, soal tempat usaha, tapi sebetulnya harus bisa didesain tidak mengganggu sisi penataan ruang, maupun aturan perundangan-undangan lain. Kami sudah bersurat ke KAI, termasuk kepada warga di sana. Kami ingin punya konsep bersama sebagai solusi terbaik," kata Sigit.

Ia menambahkan pihaknya akan menerapkan program community action plan untuk menata perkampungan di Jakut, khususnya di kawasan lokalisasi agar ke depan rancang bangun di kawasan tersebut tidak hanya mengandalkan keindahan, tetapi memiliki fungsi bagi lingkungan.

Selanjutnya
Halaman
1 2