Karier Ronny Sompie: Jenderal Polisi, Jadi Dirjen Imigrasi lalu Dicopot

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 28 Jan 2020 18:46 WIB
Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie
Ronny Sompie (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

Dirjen Imigrasi Ronny Sompie dicopot dari jabatannya. Pencopotan ini merupakan buntut kekeliruan data informasi keberadaan Harun Masiku ke Indonesia. Sebelum menjadi Dirjen Imigrasi, Ronny memulai karirnya sebagai polisi.

Pria bernama lengkap Ronny Franky Sompie ini lahir di Manado pada 17 September 1961. Dia merupakan lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (yang kemudian melebur jadi Akademi Militer dan Akademi Kepolisian). Sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, Ronny mulanya tak ingin menjadi polisi, tetapi menjadi prajurit Angkatan Laut. Namun pembinanya saat itu melihat Ronny lebih berpotensi menjadi polisi.

Ronny kemudian memulai karirnya sebagai polisi. Dia pun pernah menjabat Kapolres Sidoarjo (2003), Direskrimum Polda Sumut (2005), hingga Kapolwiltabes Surabaya (2009). Karir Ronny pun terus menanjak hingga ia sempat menjadi Kadiv Humas Polri (2013) hingga Kapolda Bali (2015).

Pada 2012, Ronny pernah mendaftar mengikuti seleksi pemilihan Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun Ronny gagal hijrah dari Mabes Polri ke Kantor KPK, lantaran kalah dalam seleksi.

Ronny kembali mencoba peruntungannya untuk alih status dari Kepolisian pada 2013. Ketika itu ia maju ke seleksi pemilihan deputi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Lagi-lagi Ronny gagal.

Kemudian, pada 2015, Ronny mendapatkan tawaran jabatan bergengsi. Dia kemudian ditunjuk menjadi Dirjen Imigrasi.

Tonton juga Buntut Kasus Harun Masiku, Yasonna Copot Dirjen Imigrasi!:

Selanjutnya
Halaman
1 2