Yasonna Panen Anggapan Konflik Kepentingan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 07:06 WIB
Menkum HAM Yasonna Hamonangan Laoly (Lamhot Aritonang/detikcom)

5. Koalisi Antikorupsi

Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi melaporkan Yasonna ke KPK, Kamis (23/1). Mereka menduga Yasonna terindikasi merintangi penyidikan KPK terkait Harun Masiku.

Ada 19 lembaga swadaya masyarakat dalam Koalisi Antikorupsi ini, termasuk ICW. "Jadi terasa sekali nuansa konflik kepentingan dari Yasonna dalam perkara ini sehingga karena ini sudah menimbulkan perdebatan di tengah masyarakat. Dan dia juga berkata bohong ke publik, mengatakan tidak tahu Harun Masiku ternyata Harun sudah di Indonesia," kata anggota Koalisi dari ICW, Kurnia Ramadhana, di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

6. KPK

Menyambut laporan Koalisi Antikorupsi terkait Yasonna, KPK mengatakan setiap laporan yang diterima KPK akan ditelaah terlebih dahulu.

"Kita akan melakukan telaahan lebih jauh apakah di sana ada memang masuk dugaan tipikor atau tidak pidana lain," ucap Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (23/1/2010).

"Jadi memang lebih dahulu kita masuk ke pengaduan masyarakat, berikutnya penyelidikan, jika kemudian ada tersangka yang bisa masuk pidana maka lanjut penyidikan," lanjutnya.


(dnu/dnu)