Yasonna Panen Anggapan Konflik Kepentingan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 07:06 WIB
Menkum HAM Yasonna Hamonangan Laoly (Lamhot Aritonang/detikcom)

3. Partai NasDem

Anggota Komisi III DPR Fraksi NasDem Taufik Basari menyebut Yasonna memiliki potensi konflik kepentingan di kasus Harun Masiku. Harun merupakan eks caleg PDIP yang terseret kasus suap eks komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Saya nggak masuk di yang umum, justru saya masuk ke yang spesifik saja. Khusus untuk perkara yang sedang berlangsung ini, memang saya melihat ada konflik kepentingan ya yang semestinya harus dijaga dalam rangka kita sama-sama mendukung penegakan hukum yang berjalan," kata Taufik Basari di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/1).

"Kenapa ada konflik kepentingan? Karena ada juga terkait dengan tugas dan kewenangan diri Kementerian Hukum dan HAM, khususnya dalam hal keimigrasian," sambungnya.

4. Komisi III DPR

Komisi III DPR akan memanggil Yasonna dalam rapat kerja (raker) bersama, pekan depan. Panggilan tersebut terkait polemik tersangka KPK eks caleg PDIP Harun Masiku.

"Dalam fungsi pengawasan saya, sebentar lagi kita akan raker dengan Menkumham dan Imigrasi hal ini jadi pokok dan pertanyaan dan pembahasan kami," kata Ketua Komisi III, Herman Heri, di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (23/1).

Yasonna diminta buka-bukaan soal kasus Harun Masiku. Hal itu agar meluruskan dugaan selama ini yang menyebutkan ada kesengajaan Kemenkumham menyembunyikan Harun Masiku. "Kami akan minta buka saja di Komisi III terbuka, apa sebetulnya, bahwa ada dugaan kesengajaan menyembunyikan dan lain-lain, konflik of interest, biarlah rakyat yang menilai," ujarnya.