Praktik Pengobatan Sinus Ilegal di Jakarta, Dokter Asal China Ditangkap

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 13:01 WIB
Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom
Jakarta -

Subdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap seorang dokter asal China di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pria berinisial LS ini diduga membuka praktik pengobatan sinus secara ilegal.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya sudah menerima 2 laporan polisi terkait klinik itu sejak Juli 2019. Bergerak cepat, polisi menggerebek klinik yang dimaksud yaitu Klinik Utama Cahaya Mentari di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Kemudian tanggal 13 Januari kemarin Subdit 3 melakukan penangkapan, penggerebekan kepada 2 orang tersangka yang kita amankan," kata Kombes Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Sebanyak 2 tersangka diamankan dari klinik itu dan polisi juga mengamankan barang bukti berupa alat kedokteran beserta obat-obatan ilegal untuk melakukan pengobatan sinus. Kedua tersangka yang diamankan itu diantaranya tersangka A selaku pemilik klinik dan seorang dokter berinisial LS, WNA China.

"Pemiliknya inisial A yang buka praktik, tapi dokternya WN asing yang nggak bisa bahasa Indonesia. Saat praktik dia pakai juru bahasa," ungkap Yusri.

Klinik ini menawarkan pengobatan sinus tanpa operasi hanya dengan menggunakan obat yang dimasukkan ke hidung. Tentunya, obat-obat yang didatangkan dari China tidak terdaftar di BPOM alias ilegal.

"Dia menjanjikan nggak perlu operasi tapi ada satu obat dimasukkan ke hidung bisa sembuhkan tanpa operasi," kata Yusri.

Simak Video "Kemenparekraf Sarankan Situs Film Ilegal Dibawa ke Jalur Hukum"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2