Siap-siap! E-TLE Diberlakukan bagi Motor di Sudirman-Thamrin Mulai Februari

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 09:46 WIB
Foto ilustrasi pemotor di Jl Thamrin. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menerapkan tilang elektronik (electronic-traffic law enforcement/e-TLE) bagi sepeda motor di ruas Jalan Sudirman dan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Tilang elektronik bagi motor mulai diberlakukan pada 1 Februari 2020.

"Pada saat Februari ini akan kita sosialisasikan terlebih dahulu seminggulah, baru penindakan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar saat dihubungi detikcom, Rabu (22/1/2020).

Fahri mengatakan mekanisme tilang elektronik pada motor tidak berbeda dengan mekanisme tilang pada mobil. "Nggak berubah, cuma masalah fitur tambahan sepeda motor saja," kata Fahri.

Dia menjelaskan kamera e-TLE akan merekam motor yang melakukan pelanggaran di ruas Jl Sudirman-Thamrin. Sistem pada e-TLE akan melacak pelat nomor motor di database kepolisian.




"Data kendaraannya yang diambil, kan ada data pemiliknya baru dikonfirmasi pemiliknya. Kalau motor melanggar, nanti sepeda motornya ter-capture pelat motornya disajikan datanya, nanti data di situlah data pemilik kendaraan untuk melakukan konfirmasi," jelasnya.

Untuk sementara ini, tilang elektronik ini baru bisa merekam pelanggaran yang dilakukan sepeda motor berpelat 'B'. Tilang elektronik ini diberlakukan di 45 titik ruas Jalan Sudirman-Thamrin.

Pihak kepolisian rencananya akan menambah pemasangan kamera e-TLE di 12 titik.

"Intinya, kita kan menambah kamera 45 ditambah kemarin 12 jadi 57 di ruas Sudirman-Thamrin," tuturnya.

Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta terkait instalasi kamera e-TLE tersebut.

(sam/mei)