Karyawan Tersandung Kasus Karhutla, PTPN V Dukung Penegakan Hukum

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 18:08 WIB
Ilustrasi karhutla (Antara Foto/Bayu Pratama S)
Pekanbaru - Karyawan PTPN V, Pekan Situmorang, ditetapkan sebagai tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lahan pribadinya. Pihak perusahaan mendukung penegakan hukum.

"PTPN V mendukung pihak kepolisian untuk menindak tegas dan melakukan penegakan hukum kepada siapapun yang melakukam pembakaran lahan, tidak terkecuali pihak yang bertanggung jawab pada kejadian 2019," kata Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN V, Bambang Budi Santoso, dalam siaran persnya yang diterima detikcom, Senin (20/1/2020).

Bambang menjelaskan, pembakaran lahan yang dilakukan karyawan tersebut bukan di lahan PTPN V. Lahan yang dibakar merupakan lahan milik pribadi Pekan Situmorang sehingga tidak terkait perusahaan.


"Ditetapkannya karyawan PTPN V sebagai tersangka oleh Polres Siak, dikarenakan melakukan pembakaran milik pribadinya pada 14 Januari 2020. Bukan karena peristiwa karhutla yang terjadi masif pada tahun 2019," kata Bambang.

"Manajemen PTPN V menyesalkan pembakaran lahan tersebut, karena SOP pengelolaan kebun PTPN V tidak pernah menggunakan cara membakar lahan," tutup Bambang.

Simak Video "Pembakar Hutan Ini Berdalih Ingin Usir Monyet, Bukan Hanguskan Lahan"


Selanjutnya
Halaman
1 2