Anggota Komisi VI Soal Panja Jiwasraya: Langsung Kerja Tanpa Proses Panjang

Mochamad Zhacky - detikNews
Senin, 20 Jan 2020 08:20 WIB
Foto: Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PPP, Achmad Baidowi (Awiek) menghargai sikap Fraksi Partai Demokrat yang ngotot ingin membentuk panitia khusus (khusus) untuk menyelidiki polemik keuangan PT Asuransi Jiwasraya. Awiek menjelaskan, Komisi VI memilih membentuk panitia kerja (panja) daripada pansus agar bisa langsung bekerja tanpa harus melalui proses yang panjang.

"Itu hak Demokrat, ya wajar-wajar saja, silakan. Nanti proses politik yang menentukan," kata Awiek kepada wartawan, Minggu (19/1/2020). Awiek menanggapi sikap Demokrat yang ngotot ingin membentuk pansus Jiwasraya.



Awiek menilai panja juga merupakan salah satu cara menjalankan fungsi pengawasan DPR. Selain itu, sebut dia, kesepakatan untuk membentuk panja hanya berada di internal komisi.

"Sejauh ini komisi VI menggunakan instrumen panja yang melekat pada komisi sebagai salah satu cara pengawasan. Kalau panja langsung bisa bekerja tanpa menunggu proses panjang. Saat pembahasan di Komisi VI, semuanya sepakat membentuk panja pengawasan Jiwasraya," terangnya.



Dia memastikan panja Komisi VI tetap akan berjalan meskipun pansus Jiwasraya tidak terbentuk. Wasekjen PPP itu memastikan hasil panja Jiwasraya Komisi VI juga akan disampaikan ke publik.

"Kalaupun pansus tidak terbentuk yang jelas panja sudah berjalan dan nanti hasilnya juga bisa disampaikan ke publik," ucap Awiek.

Selanjutnya
Halaman
1 2