Jawab Rocky Gerung, Jokowi Tak Masalah Jika Didemo Soal Banjir

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 16:16 WIB
Foto: Presiden Jokowi (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak masalah jika didemo terkait banjir. Hal itu diungkapkan Jokowi menjawab pendapat Rocky Gerung yang menyebut seharusnya yang didemo soal banjir adalah Jokowi, bukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pernyataan Jokowi itu disampaikan ketika ditanyai awak media terkait penanganan banjir. Awalnya Jokowi menjelaskan secara rinci soal penanganan banjir Nasional pada awal tahun 2020.



Jokowi menyebut, salah satu yang perlu dituntaskan yakni aliran air dari hulu ke hilir, termasuk pelebaran sungai-sungai di Jakarta.

"Di Jakarta ada 14 sungai, Pesanggarahan, Buaran, Sunter, dan lain-lain, semuanya perlu dilebarkan karena itu tanyakan ke kementerian PU pembagiannya dengan pemerintah provinsi seperti apa di Jabar, Jakarta dan pusat seperti apa," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Dia mengatakan sudah ada master plan soal penanganan banjir Jakarta sejak tahun 1973. Dia menilai, master plan tersebut harus diutamakan, salah satunya yakni pelebaran sungai.

"Master plan banjir untuk Jakarta tahun 1973 sudah ada, harus melakukan apa-apa, semuanya ada, nggak usah ada ide-ide baru, master plan sudah ada. Sungai semua dilebarkan harus dilebarkan teknisnya, mau normalisasi naturalisasi silakan tapi dilebarkan, semua sungai itu yang tengah, yang di ujung masih ada lagi waduk-waduk diperbanyak," tuturnya.



Simak Juga "Gerindra DKI Minta Jokowi Turun Tangan Atasi Banjir Jakarta!"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2