Mahfud Md Kenalkan 9 Anggota Pansel Kompolnas Pilihan Jokowi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 16 Jan 2020 17:28 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md mengenalkan pansel Kompolnas. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta - Masa jabatan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) diketahui akan segera berakhir dan membutuhkan seleksi komisioner baru. Menko Polhukam Mahfud Md pun membeberkan sembilan nama anggota panitia seleksi (pansel) Kompolnas yang disebutnya sebagai pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pilihan Presiden untuk menyeleksi anggota Komisi Kepolisian Nasional. Nanti sekitar tanggal 20 bulan Mei, Kompolnas yang ada sekarang ini sudah akan berakhir, dan sesuai dengan undang-undang harus dilakukan seleksi kepada anggota-anggota yang bukan ex-officium karena anggota ada yang dipilih, ada yang ex-officium," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020).


Pansel Kompolnas itu akan mulai bekerja hari ini. Pansel akan bekerja selama kurang-lebih satu bulan ke depan.

"Mulai hari ini bekerja karena waktunya sangat pendek. Menurut peraturan sih tiga bulan sebelum masa jabatannya nama-nama baru itu sudah disampaikan ke Presiden. Jadi kira-kira panitia ini akan bekerja selama sebulan lebih sehari-dua hari," ujar Mahfud.

Pansel Kompolnas akan bertugas menyeleksi komisioner baru. Pansel terdiri atas sembilan orang dan diketuai Suparman Marzuki.

Menko Polhukam Mahfud Md kenalkan pansel KompolnasMenko Polhukam Mahfud Md mengenalkan pansel Kompolnas. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)


Berikut ini nama-nama pansel Kompolnas yang disebutkan Mahfud:
1. Dr Suparman Mazuki (ketua merangkap anggota)
2. Komjen Pol Moechgiyarto (wakil ketua merangkap anggota)
3. Drs Maria Margaretha Hartiningsih (sekretaris merangkap anggota)
4. Irjen Pol Carlo Brix Tewu (anggota)
5. Dr Eddy O.S Hiariej (anggota)
6. Prof Muhammad Mustofa (anggota)
7. Prof Khasan Effendy (anggota)
8. Irjen Pol Ronny Lihawa (anggota)
9. Irjen Pol (Purn) Ansyaad Mbai


"Nah itulah yang telah dipercaya oleh Presiden melalui Keputusan Presiden No 2-M Tahun 2020," ujar Mahfud.

Dalam jumpa pers tersebut, Mahfud didampingi delapan anggota Pansel Kompolnas yang ia kenalkan. Maria Margaretha Hartiningsih tidak hadir karena sakit. (azr/hri)