Yusril Nilai Masalah Masa Jabatan Bupati Talaud Selesai: Tinggal Dilantik

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 15 Jan 2020 12:51 WIB
Foto: Yusril Ihza Mahendra (Lisye Sri Rahayu/detikcom)



Sebelumnya, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey mengatakan pihaknya tak kunjung melantik Elly-Moktar didasarkan pada putusan MA Nomor 584/K/TUN/2019. Putusan tersebut menyatakan bahwa apabila dilantik Elly akan menjabat selama tiga periode. Dari laman resmi KPU, mereka dijadwalkan mengikuti pelantikan pada 21 Juli 2019 tetapi hingga saat ini pelantikan itu belum dilakukan.

"Ada putusan Mahkamah Agung ini makanya tidak dilantik bahwa yang bersangkutan itu kalau dilantik sudah 3 periode. Kita tahu persis bahwa Pak JK aja minta 3 periode di MK tidak setuju. Bagaimana bupati melantik 3 periode," Dondokambey di Kemendagri sebelum menghadiri sidang.

Dondokambey juga menyoalkan lolosnya Elly pada Pilkada Kepulauan Talaud. Dia menyebut tidak ingin membahas sengketa Pilkada terkait penundaan pelantikan itu.


"Saya nggak tahu KPU main apa. Kesalahan KPU dong, kenapa sudah 3 periode KPU meloloskan dia. Paham dong kalian ini jangan mengarah kepada sengketa Pilkada. Gubernur sudah menandatangani SK untuk menerbitkan SK Mendagri, tetapi ada hal lain, ada pelanggaran si calon. Sekarang kalian ikut mana? ikut pelanggaran kenapa lantik," imbuhnya.

Atas permasalahan itu, Kemendagri akhirnya memanggil kedua pihak. Pertemuan antara Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Kepulauan Talaud dan Gubernur Sulut itu berlangsung tertutup.
Halaman

(lir/jbr)