Politikus PDIP ke Luar Negeri 2 Hari Sebelum OTT, KPK Bantah OTT 'Bocor'

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 13 Jan 2020 23:19 WIB
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tersangka kasus dugaan suap Harun Masiku ternyata pergi ke luar negeri sebelum operasi tangkap tangan (OTT) KPK dilakukan. KPK membantah jika dikatakan OTT tersebut 'bocor' sehingga Harun bisa pergi ke luar negeri.

"Kita nggak melihat dari sisi ada kebocoran (OTT) atau nggak. Tapi kan begini, informasi itu kita bisa dapatkan dengan cara strategi penyidikan," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2020).

Ali menyebut penyidik KPK sudah memiliki strategi untuk mengantisipasi itu. Ia mengatakan, dalam melakukan OTT, KPK tidak hanya mengandalkan penyadap, tapi juga ada strategi tertutup lainnya.


"Perlu kami sampaikan, OTT nggak hanya mengandalkan penyadapan. Tapi ada juga strategi lain yang merupakan strategi operasi tertutup yang tidak hanya mengandalkan penyadapan, walaupun itu penting untuk OTT," sebutnya.

Meski demikian, Ali menuturkan KPK sudah memiliki sejumlah rencana untuk memburu caleg PDIP itu yang masih berada di luar negeri. Salah satunya menjalin koordinasi dengan instansi dan aparat penegak hukum lainnya.

"Kita akan koordinasi lebih lanjut. Akan memastikan keberadaan yang bersangkutan di mana. Kalau bener, akan kerja sama dengan instansi lain seperti Interpol, Kemlu untuk ditangkap dan dibawa ke Indonesia," tuturnya.


Selanjutnya
Halaman
1 2