Alexander: Sprindik Kasus Suap Bupati Sidoarjo Tetap Diteken Pimpinan KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 09 Jan 2020 02:22 WIB
Foto Alexander Marwata: Erliana Riady
Jakarta - KPK menetapkan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai tersangka kasus penerimaan suap proyek infrastruktur. KPK mengatakan surat perintah penyidikan (sprindik) tetap ditandatangani pimpinan KPK.

"Sprindik siapa yang tandatangan? Pimpinan tetap pimpinan. Jadi kalau baca undang-undang harus secara utuh bukan parsial seperti itu. Di situ jelas terlihat dalam susunan KPK itu Dewan Pengawas, pimpinan dan pegawai. Pimpinan mengangkat mengangkat penyidik dan penuntut umum," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (8/1/2020).



Sebab, Alex menilai pimpinan KPK tetap sebagai penanggung jawab tertinggi komisi. Meskipun, menurut Alex, hal itu tidak tercantum secara eksplisit di UU baru KPK yakni UU Nomor 19 Tahun 2019.

"Meski pun tidak secara eksplisit disampaikan dan dimuat dalam UU KPK bahwa pimpinan itu bukan penyidik dan penuntut umum seperti UU sebelumnya dan bukan penanggung jawab tertinggi KPK kalau dibaca keseluruhan masih tercermin bahwa pimpinan tetap penanggung jawab tertinggi komisi," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2