Wacana Pansus Banjir Bergulir di DPRD DKI, Golkar Sebut 6 Fraksi Sepakat

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 09:46 WIB
Gedung DPRD DKI (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - Wacana pembentukan panitia khusus (Pansus) banjir bergulir di DPRD DKI. Mereka ingin mengetahui peran eksekutif dalam mengatasi banjir, baik pusat maupun daerah.

"Agar jelas juga siapa yang bertanggung jawab sebenarnya, DKI kah, atau pusat kah. Tidak lempar-lemparan kayak Basuki (Menteri PUPR) dan Anies (Gubernur DKI Jakarta)," ucap Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta, Basri Baco, saat dihubungi, Rabu (8/1/2020).



Basri menyebut, pansus dibentuk untuk mencari kepastian penyebab. Sehingga, akan ada penanganan serius mengatasi banjir.

"(Pansus dibentuk) supaya serius menangani permasalahan banjir Ini. Mencari fakta dan data akurat tentang penyebab banjir sesungguhnya. Mencari solusi dan langkah pasti dalam mengatasi banjir agar tidak lagi terjadi. Ke depan dan rakyat Jakarta tidak lagi menjadi korban," kata Basri.

Menurut Basri, komunikasi untuk wacana pansus banjir sudah dilakukan oleh 6 dari 9 fraksi yang ada. Dia menyebut, wacana itu muncul setelah ada peninjauan bersama ke lokasi banjir.

"Bukan (diinisiasi) Golkar tapi hasil diskusi lintas fraksi setelah kunjungan banjir kemarin ke daerah Jakpus dan Jakarta Barat. Paling tidak ada enam Fraksi yang kemarin hadir, Golkar, NasDem, PAN, PSI, Gerindra, PDIP," ucap Basri.



Menurut Basri, pansus sebagai bentuk perhatian terhadap masalah banjir yang melanda Jakarta sejak 1 Januari. Masalah itu, sering terjadi setiap tahun di Jakarta.

"Semangat nya supaya urusan banjir tidak terjadi lagi ke depan. Padahal, tiap tahun kita kena banjir dan warga jadi korban dan kerugian makin besar," ujar Basri.

"Biar, siapa pun yang jadi Gubernur setelah Anies juga berpikir, kalau enggak punya konsep banjir, jangan berani nyalon Gubernur Jakarta. Kita butuh gubernur tangguh bukan gubernur kaleng-kaleng," kata Basri.


Tonton juga Anies Sahkan Pergub Larangan Plastik Sekali Pakai, Efektif Atasi Banjir? :

[Gambas:Video 20detik]

(aik/imk)