KPK Akan Minta LHP 4 Proyek yang Diduga Rugikan Negara Rp 6 T ke BPK

Mochamad Zhacky - detikNews
Rabu, 08 Jan 2020 08:48 WIB
Foto: Pimpinan KPK Nawawi Pomolango (Ibnu Hariyanto-detikcom)
Jakarta - KPK akan meminta laporan hasil pemeriksaan (LHP) 4 proyek yang diduga merugikan keuangan negara Rp 6 triliun ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Namun, KPK akan mengecek terlebih dulu apakah telah memiliki LHP proyek-proyek tersebut.

"Akan coba kami cek sejauh mana laporan itu ada atau masuk ke KPK. Insyaallah, kalau memang ada dengan data dokumen hasil auditnya, tentu tidak ada alasan bagi KPK untuk tidak menindak-lanjutinya dalam lidik. Ibarat udah disuapin, kitanya tinggal 'mengunyah' aja," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango kepada wartawan, Selasa (7/1/2020).



Nawawi memastikan, apabila tidak mempunyai LHP 4 proyek tersebut, KPK akan memintanya ke BPK. Ia menyebut KPK dan BPK berkomitmen membangun sinergitas dalam pemberantasan korupsi.

"Andai itu misalnya 'belum ada' di KPK, tetapi sudah 'terangkat' ke permukaan seperti ini, tentu saja kami akan memintanya dari teman-teman di BPK. Terlebih itu menjadi subtansi dari MoU diantara BPK dan KPK, saling 'memberi'," terang Nawawi.



Tonton juga BPK Yakin Kasus RJ Lino Bakal Dituntaskan :


Selanjutnya
Halaman
1 2