Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini Buktinya

Farih Maulana Sidik, Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 07 Jan 2020 19:50 WIB
Foto: Toko tanpa plastik 'Naked Inc' di Jakarta (Wilda/detikcom)
Jakarta - Larangan penggunaan kantong belanja plastik sekali pakai bakal berlaku mulai Juli 2020 di mal, swalayan, hingga pasar di Jakarta. Sebetulnya saat ini pun belanja tanpa plastik sama sekali sudah bisa dilakukan di Jakarta.

detikcom pada Selasa (7/1/2020), mengunjungi salah satu toko yang menerapkan konsep berbelanja tanpa plastik. Toko tersebut bernama 'The Bulkstore & Co', yang berada di Jl KH Wahid Hasyim, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

Saat memasuki toko tersebut, pengunjung langsung disuguhkan susunan pajangan dagangan. Barang yang dijual disusun dan dikemas dalam wadah-wadah khusus, terpajang rapi di rak terbuat dari kayu.


Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini BuktinyaFoto: Toko tanpa plastik 'The Bulkstore & Co' (Farih/detikcom)

Koleksi dagangan yang dijual di toko ini sangat beragam. Mulai dari yang berbentuk bubuk seperti bubuk kacang dan kunyit hingga biji kopi dan biji kacang. Ada pula yang cair seperti curah kunyit hingga alat-alat yang ramah lingkungan seperti sedotan stainless atau sedotan bambu.

Sesuai konsep yang diusung yakni berbelanja tanpa kantong plastik, toko ini tidak menyediakan wadah yang terbuat dari plastik. Untuk setiap barang yang dibeli, konsumen dianjurkan membawa wadah sendiri.


Belanja Tanpa Plastik Sama Sekali di Jakarta Bisa Banget, Ini BuktinyaFoto: Toko tanpa plastik 'The Bulkstore & Co' (Farih/detikcom)


Namun bagi konsumen yang tidak membawa wadah, toko ini menyediakan berbagai jenis wadah yang juga bukan terbuat dari plastik. Toko ini menyediakan tolebag, paper bag, toples hingga botol dengan berbagai ukuran dengan variasi harga.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4